Selasa, 07 Oktober 2014

...::: SELAMAT DATANG DI BLOG PRIBADIKU :::...

Cukup Kerikil Kecil
Batu ini sangat besar hampir sebesar rumah orang yang berjalan tentu dengan mudah menghindarinya ,sekaligus behati-hati agar tidak terbentur kerasnya muka batuan sangat jarang ada orang yang terjungkal karena tersandung batuan. sebesar ini.
Sebaliknya orang yang terjatuh sanungan batu yang hanya berukuran kecil di atas tanah. Bahkan cukup sbutir kerikil sudah mampu menjungkalkan manusia.
Kita memang sering meremehkan masalah yang terlihat kecil. Sekilas tampak ringan kita cuekan, padahal itulah yang menyebabkan diri menjadi celaka. Ya sesuatu yang kecil sering tak danggap sebagai halangan dan kita tak mau waspada darnya.
Riya salah satunya Maksiat yang sangat kecil dan lembut bak rayapan semut hitam dimalam kelam sungguh betapa manusia yang terjungkal dalam syirik jenis ini sadar, saking lembutnya.
Demikianpula masiat dan kedholiman yang lain, baik yang berhubungan dengandiri sendiri maupun orang lain. Seringkali kita anggap hal yang kecil. Kita anggap angin lalu saja dan kita tunda untuk berbuat bertaubat darinya. Padahal sesuatu yang kecil jika dilakukan berulang-ulang akan menjadi perkara yang besar. Bukankah gunung yang besar menjulang tinggi merupakan kumpulan dari pasir dan kerikil yang kecil ? Demikian pula dosadan maksiat, tidak lagi menjadi kecil dan ringan manakala ditumpuk terus menerussepanjang hari tanpa ditaubati.
Karena sesuatu kecil dan sedikit pula seorang terdorong untuk melakukan yang lebih besar. Bukankah seseorang yang kecnduan narkoba awalnya coba-coba dulu dalam jumlah sedikit ? Tidakkah para pemuda terjebak pada perubahan zina bermula karena tak mampu memenej sekilas pandangan matanya ? Berapa banyak koruptor yang awalnya menilep uang dalam jumlah sedikit.
Camkan selalu, kerikil kecil di dunia sudah cukup untuk menjungkalkan tubuh kita seluruhnya. Demikian pula maksiat dan kedholimanyang sekilas kecil bias – bias menjungkalkan dari diri kita ke dalam neraka. Naudhubillah min dzalik. Jangan sepelekan hal yang tampak kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar